Jurnal Solusi Volume 2 Nomor 1 Tahun 2007

Sarastri Mumpuni Ruchba & Benny Iskandar
Efisiensi Kebijakan Fiskal Daerah di Propinsi Riau : Studi Kasus Riau Daratan Periode 2003 - 2004
Nurfauziah & Dimas Arya Mahendra
Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan di Indonesia Study Kasus pada Perusahaan Go Public di BEJ
Habib Zaiyad & Heru Kurnianto Tjahjono
Aplikasi Theory of Planned Behavior dalam Penelitian Sikap-Niat Siswa-siswa SMA Swasta Yogyakarta untuk Melanjutkan Studi di sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta
Suharto
Pola Investasi Masyarakat Yogyakarta dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya
Fitri Rahmawati & Heru Kurnianto Tjahjono
Peran Pemoderasian Modal Sosial Terhadap Hubungan Antara Motivasi dan Kepemirnpinan dengan Kinerja Individu (Survey di Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta)
Reni Yendrawati & Yuba Ustrina
Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Perbankan Syariah sebagai Lembaga Keuangan dalam Perspektif Islam

Pemberlakuan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Peme-rintahan Daerah dan Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah membawa dampak pada pelimpahan wewenang dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah dan diharapkan akan mampu meningkatkan efisiensi fiskal daerah. Pengukuran efisiensi kebijakan fiskal daerah di propinsi Riau khususnya Riau Daratan dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Tingkat efisiensi yang dicapai oleh kabupaten/kota di Riau Daratan selama tahun 2003 dan 2004 sangat berfluktuasi. Hanya di kabupaten Siak (tahun 2003) dan kota Pekanbaru (tahun 2003 dan 2004) yang mencapai tingkat efisiensi sempurna (100%).

Kata kunci: Efisiensi kebijakan fiskal daerah.

stie-sbi