Jun
26

Jadwal Ujian Akhir Semester Genap 2017/2018

Diumumkan kepada segenap mahasiswa STIE SBI Yogyakarta, jadwal ujian akhir semester (UAS) Semester Genap tahun ajaran 2017/2018 di lingkungan STIE SBI akan berlangsung tanggal 16-28 Juli 2018.

Sep
30

Nasib Indonesia kalau Dunia Resesi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menuturkan bahwa resesi diprediksi terjadi pada 2023, pernyataan tersebut didasarkan karena adanya kenaikan suku bunga Bank Sentral di sejumlah negara. Namun menurut Sri Mulyani, langkah tersebut dinilai ekstrim untuk mengatasi lonjakan resesi dan mengakibatkan ancaman resesi sulit dihindari. Namun jika dilihat sekarang perekonomia di Indonesia lambat laun mulai berkembang. Cara agar Indonesia terhindar dari resesi adalah dengan membayar pajak, membayar pajak menjadi salah satu cara agar APBN bisa tetap sehat. Dengan begitu, APBN bisa terus membantu masyarakat ketika krisis lanjutan muncul di masa mendatang.

Sep
30

Rupiah Anjlok, Begini Nasib Utang RI

Menteri Keuangan memaparkan efek pelemahan nilai tukar rupiah terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), khususnya dalam pembayaran utang valuta asing (valas). Tekanan terhadap pembayaran utang tidak begitu berat. Sejak beberapa waktu terakhir, pemerintah sudah menurunkan porsi penarikan utang valas. Utang valas di Indonesia yang tadinya ada di atas 40% sekarang di 28% dalam valas. Maka dari itu porsi kepemilikan surat berharga negara (SBN) dari dalam negeri terus meningkat dan memperbaiki stabilitas SBN dan suku bunganya terhadap kenaikan atau perubahan nilai tukar atau suku bunga, pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan risiko tersebut. Kemenkeu melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) telah melakukan perubahan tenor surat utang sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih rendah.
Sumber : cnbcindonesia.com

Sep
30

Pilih Menabung atau Investasi?

Indonesia saat ini sedang berusaha memulihkan perekonomiannya di tengah gempuran inflasi dan resesi yang terjadi di semua negara, bahkan negara besar seperti Amerika dan Jepang juga ikut mengalami kemerosotan ekonomi. Salah satu usaha negara untuk mengatasi fenomena tersebut adalah dengan mengurangi anggaran subsidi di APBN. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan oleh masyarakat demi memperbaiki keuangan rumah tangganya?
Berdasarkan laman tempo.co, menurut International Association of Registered Financial Consultants (IARFC) Indonesia, Aidil Akbar Madjid, saat ini investasi lebih disarankan dibanding menabung di Bank, hal ini dikarenakan adanya resesi yang kemungkinan akan menggerus tabungan masyarakat di Bank seiring dengan tingginya inflasi. Aidil berpendapat bahwa instrumen yang tidak akan terkena dampak dari inflasi adalah emas, tanah, saham, bahkan kripto. Namun masyarakat juga harus paham dengan resikonya dan perlu meriset produk yang akan di investasikan karena investasi bersifat jangka panjang yang akan terasa tiga atau lima tahun kedepan.

Sep
26

Pelatihan Komputer Pondok Pesantren Waria Al-Fatah


Keahlian dalam mengoperasikan komputer merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh karyawan maupun wirausahawan dalam menjalankan pekerjaannya. Terlebih lagi era kita telah memasuki industri 4.0 yang mengharuskan kita untuk menguasai ilmu komputer karena teknologi selalu memiliki pengaruh dalam semua aspek kehidupan kita.
Berdasarkan dari kunjungan sebelumnya, kelanjutan dari kerjasama antara Pondok Pesantren Waria Al-Fatah di Kotagede dan STIE SBI Yogyakarta berjalan dengan berhasil. Pasalnya dari tanggal 3 hingga 23 September 2022 STIE SBI telah sukses mengadakan pelatihan Komputer dengan menyampaikan tiga materi yaitu pemaparan cara penggunaan aplikasi Microsoft Word, Excel, dan Power Point yang juga dibarengi dengan praktik oleh masing-masing peserta. Pertemuan ini dilakukan sebanyak 7 kali dalam 4 minggu yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu. Setiap harinya STIE SBI mengirim 4 fasilitator yang terdiri dari 2 dosen sebagai pengajar dan 2 mahasiswa sebagai asisten pengajar. Di minggu terakhir para peserta diberikan Ujian yang bertujuan untuk menguji apakah materi yang disampaikan sebelumnya tersampaikan dengan baik ataupun sebaliknya.

Sep
12

Penandatanganan MOU STIE SBI dengan Universitas Widya Mataram

Pada 12 September 2022 STIE SBI Yogyakarta menandatangani MOU kerjasama dengan Universitas Widya Mataram yang dilaksanakan di Universitas Widya Mataram dan dihadiri oleh civitas kedua perguruan tinggi