Beberapa orang berpendapat bahwa uang itu adalah segalanya. Bahhkan waktu pun diibaratkan menjadi uang. Seseorang tak akan pernah rela kehilangan uang, begitu pula maksud dari pengibaratan waktu adalah uang.  Tapi bagi sebagian orang uang bukanlah segalanya, masih banyak lagi hal hal-hal yang memiliki nilai berharga dibandingkan dengan uang.

Tapi bagaimana jika dipandang dari sisi bisnis itu sendiri? Apakah uang adalah segalanya bagi seorang pembisnis? Apakah keuntungan selalu berupa uang? Dan apakah keuntungan hanya bisa didapatkan dari bisnis?.

Ditinjau dari definisi bisnis, apakah bisnis itu? Sebagian mendefinisikan bahwa bisnis itu merupakah keuntungan atau “ to provide products of service for a profit ”  bisnis merupakan kegiatan ekomoni, akan tetapi tidak setiap kegiatan ekonomi dapat dikatakan bisnis, sesuai dengan tujuannya bisnis adalah kegiatan mencari keuntungan sehingga dapat di korelasikan jika setiap kegiatan ekomoni bukanlah bisnis karena tidak pula semua kegiatan ekomoni mengahasilkan keuntungan.

Dan apakah keuntungan hanya didapatkan dari bisnis? Jawabannya tertera bahwa setiap kegiatan yang menguntungkan satu sama lain dapat dikatakan sebagai bisnis dengan catatan profit tersebut adalah keuntungan finansial dan perolehannya adalah  upaya khusus dari orang yang menggunakan uang.

Beberapa orang mengatakan bahwa sebagai seorang pebisnis memanglah keuntungan sebagai tujuan utamanya. Akan  tetapi apakah keuntungan pada suatu perusahaan hanya  berupa uang? Dan bagaimana konteks nilai keuntungan itu sendiri. Beberapa mengatakan bahwa keuntungan memanglah uang, disisi lain keuntungan itu dapat berupa properti yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Dalam konteks ini ( bisnis ) uang adalah profit sehingga konteks nilai keuntungan dalam suatu perusahaan diukur dengan adanya profit berupa finansial, properti atau peralatan dan dapat berupa saham.

Sehingga nilai dari suatu keuntungan menurut beberapa sumber tak hanya uang, melainkan dapat berupa sesuatu yang lain.(atk)

 

 

 

 

stie-sbi