Anang Rahardian
12 Jun 2017

Tips Donor Darah Saat Berpuasa

Profesional SBI, di bulan suci Ramadhan, stok kebutuhan untuk darah dari para pendonor biasanya mengalami pengurangan atau stok yang menipis di rumah rumah sakit maupun di Palang Merah Indonesia (PMI) berbagai kota di Indonesia. Hal ini disebabkan karena berkurangnya minat orang untuk mendonor saat tengah berpuasa.
Banyak alasan orang untuk rela mendonorkan darahnya saat berpuasa, entah itu karena takut lemas atau faktor lain.
Ternyata banyak ahli yang mengatakan bahwa puasa tidak boleh menjadi alasan untuk niat kita berbagi darah sebagai pendonor. Karena dengan persiapan yang matang dan tepat, kegiatan donor darah tidak akan menganggu jalanya ibdah puasa kita atau bagi umat muslim.
Nah, apa saja sih persiapan atau tips saat kita mendonorkan darahnya saat bulan puasa?
  1. Siapkan fisik dan mental kita, karena itu sangat penting agar kita siap untuk mendonorkan darah kita.
  2. Pilihlah waktu yang tepat untuk mendonorkan darah kita, karena jika takut lemas pada siang hari, kita bisa melakukanya pada malam hari atau menjelang magrib (sore hari)
  3. Sebelum mendonorkan darah, pastikan asupan makanan dan minuman yang cukup ketika kita bersantap sahur, karena jika kita tidak sahur atau kelupaan sahur maka para dokter tidak menyarankan untuk kita mendonorkan darahnya.
  4. Perbanyak minum air tiga hari kedepan setelah melakukan donor darah untuk mengembalikan volume darah sepenuhnya. Jika tengah berpuasa, pemenuhan asupan cairan dimaksimalkan sejak buka puasa hingga imsak tiba.

Nah itulah tips berdonor darah saat bulan puasa, semoga amalan kita dilipat gandakan oleh sang pencipta, dan terus berbagi terhadap sesama. (ang)

 

*diolah dari berbagai sumber

*gambar google

stie-sbi