May
22

Mahasiswi STIE SBI Pembuat Strap Guitar Batik Mulai Tembus Pameran Nasional

Profesional SBI, salah satu mahasiswi STIE SBI angkatan regular khusus tahun 2012 menorehkan kebanggaanya di ajang pameran music dan audio di tingkat nasional. Dengan produk kebanggaanya yaitu strap gitar dan bass, Ia mulai menapaki event event pameran nasional dan tidak menutup kemungkinan akan menembus mancanegara.

Hanifah Nurcahyanti, mahasiswi yang bisa gambar autocad dan bermain gitar bass ini memang layak diacungi jempol, bagaimana tidak, selain konsisten dengan produknya yang unik karena menggunakan bahan khas asli Indonesia yaitu batik, juga konsisten selalu mengajarkan kita arti pentingnya menghargai budaya kita sendiri.

Siapa sangka, dari awalnya hanya melihat limbah limbah kain batik yang tidak terpakai namun bisa digunakan lagi sebagai barang bernilai seni dan harga yang tinggi, akhirnya terciptalah IRO Designed Strap guitar dan bass dengan berbahan dasar kain batik, asli khas bangsa ini. Siapa sangka pula, jika produk ini merupakan yang pertama kali di Indonesia bahkan dunia.

Nah, team website STIE SBI berkesempatan berbincang bincang santai dengan cewek bertubuh mungil ini,  setelah kemarin pulang dari pameran nasionalnya, yuk simak gaesss…..

Team Web (TW)         : Hai Hanifah, apa kabar, lama ya nggak nongol di kampus..hehehe

Hanifah (H)                  : Hallo Team Web SBI, kabar baik nih…iya yah, mungkin karena udah lulus    juga sih ya….

TW                                  : Denger denger baru pameran di Jakarta yak, gimana ceritanya nih, bawa produk apa..

H                                        : Owh iya, kemarin pada tanggal 28-30 April 2017 kami (IRO Strap) diundang oleh SEMESCO untuk ambil bagian di acara pameran Local Heroes Indonesian Music & Audio Exhibition. SEMESCO sendiri adalah rumah bagi UKM dan UMKM Indonesia dibawah Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. UKM dan UMKM yang bergabung dengan SEMESCO akan diberi pendampingan oleh Kementrian untuk membukakan pasar dengan cara menyelenggarakan pameran-pameran di dalam negri maupun di luar negri.

                            

TW                              : Terus apa sih nama pameran di event nasional ini

H                                 : Namanya LOCAL HEROES INDONESIAN MUSIC & AUDIO EHIBITION yaitu acara yang diselenggarakan SEMESCO pertama kalinya             pameran khusus produk alat musik, asesoris musik dan audio karya anak bangsa yang kualitas produknya sudah diakui oleh dunia luar.

Saya merasa bangga karena IRO Strap diikutsertakan dalam pameran tersebut dan disejajarkan dengan brand-brand lokal yang namanya sudah terkenal sampai ke manca negara seperti Boxcase untuk produk hardcase gitar, Trooper dan Sugar untuk produk efek gitar, Art Rock dan Batik Soul untuk produk gitar ukir, Radix dan Semata untuk produk gitar elektrik, Delta Prodio, Fmpedals, Secco dan masih banyak lagi.

TW                               : Asli saya ngiri, nah terus produk yang kamu tampilkan apa nih

H                                 : Seperti biasanya IRO Strap menyiapkan produk terbaiknya dalam pameran tersebut seperti pada pameran-pameran yang lainnya. IRO Strap adalah produk strap / tali gitar batik dengan menggunakan kain batik pada bodynya dan outernya menggunakan bahan polyster webbing agar kekuatannya terjaga. Ciri khas IRO Strap adalah menggunakan kain batik pada setiap produknya, bukan hanya motif batik atau pun kain batik printing, kami menggunkan batik hand made yang diproduksi oleh kita sendiri (Rumah Produksi Batik Sleman Nakula Sadewa) dengan segala pakem-pakemnya dalam proses batik tersebut.

TW                               : Apa sih keunggulan IRO Strap ini

H                                 : IRO Strap merupakan produk strap/asesoris tali gitar dengan menggunakan batik pertama di dunia. IRO memiliki 2 produk yaitu IRO Strap untuk produk esklusif dan IRO Designed untuk produk premium. Bedanya adalah, IRO Strap menggunakan head strap dengan bahan kulit dan kita pilihkan batik tulis atau cap dengan motif terbaik dan esklusif yang akan membuat bangga untuk gitaris/bassis yang menggunakannya. IRO Designed adalah produk premium dari IRO  dengan harga lebih ekonomis yaitu IDR 60.000 per-pcsnya menggunakan head strap bahan sintetis kulit tapi walaupun dengan harga yang murah IRO Designed tetap memiliki ciri khas corak batik yang terbaik dan bahan-bahan berkualitas.

TW                               : Wah ini luar biasa yak…pertama kali didunia lho produkmu… nah kemudian target apa sih yang akan kamu bidik dan sasar.

H                                 : Sasaran / target pasar IRO Strap adalah musisi-musisi lokal ataupun manca negara yang sangat berorientasi pada kualitas dan esklusifitas. Target pasar IRO Designed adalah untuk musisi muda atau pemula lokal atau manca negara sembari kita mengedukasi kepada mereka tentang budaya asli Indonesia yaitu Batik. Misi kita adalah ingin semua musisi terutama gitaris dan bassis ikut melestarikan batik dan memperkenalkan batik kepada orang-orang disekitar mereka bahwa Batik dengan segala proses panjangnya yang setiap goresannya syarat akan rasa dan makna adalah Asli Milik Indonesia. Banyak sekali musisi Indonesia yang sudah menggunakan IRO S

 

trap maupun IRO Designed dan musisi manca negara salah satunya adalah Jason Mraz yang menggunakan IRO Strap saat konsernya di hongkong pada tahun 2012.

TW                               : Ceritain dikit dong, pengalaman kemarin di Jakarta, kenapa langsung bisa oke ketika ditawari pameran di Jakarta, terus respon pasar atau pengunjung bagaimana.

H                                 : Jakarta dipilih sebagai tempat untuk pameran Local Heroes karena Jakarta adalah pusat dari perekonomian di Indonesia dan juga Bapak Menteri Koperasi dan tamu-tamu undangan dari kementrian lebih mudah untuk menjangkau tempatnya. Pengunjung yang datang dan musisi-musisi yang datang sangat antusias. Artis/musisi bencampur dengan  masyarakat biasa pengunjung pameran tersebut. Khususnya untuk IRO Strap kami sangat bersyukur karena respon pasar sangat baik, dari 26 produk esklusif dan 150 produk premium strap kami, hampir seluruhnya laku terjual dan hanya tersisa 7 pcs produk premium.

TW                               : Nah terakhir ini, apa rencana kamu kedepan dan harapan apa yang ingin kamu sampaikan

H                                 : Rencana inovasi yang akan dilakukan adalah menyempurnakan produk IRO Strap dengan tekhnologi yang baik agar kualitasnya menjadi sangat baik. Kita juga akan memperbaiki packaging agar lebih baik dan lebih esklusif lagi. Kita juga akan membuat produksi masal yang kemudian didistribusikan kepada toko alat musik keseluruh Indonesia. Harapannya agar produk IRO Strap dapat diterima pasar dengan antusias.

TW                               : Wah keren IRO…sukses ya dan terimakasih sudah diberi kesempatan untuk ngobrol ngobrol

H                                 : Oke Team Website SBI, salam buat semua ya

Nah professional SBI, yuk kita tangkap peluang usaha di sekitar kita ini, konsisten untuk menjalani dan selalu berinovasi dengan karya karya sendiri. Salam Wirausaha.(ang)

 

 

stie-sbi