destia
14 Jun 2017

Mudik Riang, Hati Senang

Siapa yang tidak senang jika ada tanggal merah? semua pelajar, mahasiswa, bahkan pekerja pun senang jika hari libur tiba. Apalagi jika liburnya lebih dari 4 hari.

Moment lebaran misalnya, selalu menjadi salah satu hal yang ditunggu banyak orang. Mereka adalah orang yang bekerja / belajar/ merantau jauh dari asalnya. Kesempatan emas ini dimanfaatkannya untuk pulang kampung dan ber quality time dengan keluarga, saudara, atau teman. Cara mereka mudik pun beragam.

Transportasi mulai bis, kereta api, pesawat,kapal , kendaraan motor/mobil pribadi masih menjadi pilihan utama. Oleh karena itu, berikut tips mudik asyik sekaligus riang serta menyenangkan di kutip langsung dari pengalaman penulis maupun tetangga sekitar:

  1. Membawa barang yang seperlunya : kalau masa liburanmu 1minggu, bawa secukupnya pakaian, atau alat2 lainnya seperti obat pribadi, peralatan sakral misal jas hujan untuk motor, dll.
  2. Pastikan mengecek kendaraan yang akan dipakai untuk mudik. Mulai mesin-mesin, peralatan darurat untuk keadaan tidak terduga namun tetap yang bisa dibawa dan tidak memberatkan.
  3. Cek kesehatan badan anda, agar lebih akurat, minimal di cek dua hari sebelum keberangkatan. supaya bisa mengantisipasi apapun kejadian diperjalananmu.
  4. Pilih tanggal atau waktu yang tepat untuk mudik, tujuannya agar bisa memposisikan cara berkendara kita, jika dalam keadaan cepat-cepat lebih baik memilih waktu jauh hari sebelumnya dan pada malam hari, karena saat malam jalanan masih lengang.
  5. Pada point ini, saya pribadi lebih suka membawa air putih daripada minuman berasa ataupun berkarbonasi. selain lebih hemat, air putih terbukti khasiatnya untuk mengembalikan ion tubuh saat berkendara.
  6. Berdoa, berhati-hati selalu waspada, dan berkendaralah dengan hati senang tanpa beban pikiran.

Itulah tips mudik asyik, riang dan hati senang ala penulis,  semoga bisa mewakili teman-teman pada mudik lebaran kali ini. Sekali lagi, selamat mudik dan hati-hati di jalan, selamat sampai kembali lagi. (dst)

*gambar google

stie-sbi