destia
02 Jun 2017

Bisnis Online, Bisnis Anak Muda

Bisnis Online, Bisnis Anak Muda

Universitas Amikom ikut serta mendeklarasikan diri sebagai kampus yang mendukung kewirausahaan adalah hal yang menjanjikan untuk dijadikan mata pencaharian, apalagi di usia muda seperti kita ini.

Melalui seminar yang dihadiri oleh mayoritas mahasiswa mereka sendiri itu dimulai oleh pembicara pertama yaitu alumni mereka sendiri Rizal Khasim owner www.ceraproduction.com sekaligus pemenang wirausaha muda mandiri 2015.

Awalnya kami tidak tahu, bergerak di bidang apa bisnisnya sehingga dapat membuatnya layak duduk di bangku salah satu pembicara. Ternyata,bisnisnya bergerak di bidang souvenir dan percetakan yang sudah dikenal dan bermitra dengan beberapa institusi besar.

Berbekal dengan ilmu-ilmu jaringan komputer semasa kuliahnya, Ia mampu mendirikan dan membentuk web-nya menjadi pencarian pertama pada google, padahal bukan hal yg mudah untuk mendapat urutan teratas. Pada seminar itu, Ia bercerita mulai dari awal bagaimana usahanya bisa berjalan baik dengan tips dan trik jitu strategi online. Saya tidak kaget, sudah menjadi makanan mahasiswa kampus tersebut untuk bermain trik online jika ingin menghasilkan dolar. Seperti yang dikemukakan pembicara kedua yang tidak lain tidak bukan rektor mereka sendiri, Prof. Dr. M. Suyanto.,MM.

Beliau bercerita,bahwa seluruh mahasiswanya dituntut untuk dapat menghasilkan uang lewat kemampuan jaringan atau komputer yg notabene tidak semua orang paham. Hal tersebut tidak semata-mata beliau sampaikan, kiprahnya pun tidak diragukan lagi. Dibawanya pulang penghargaan Top 10 awards orang berpengaruh di Indonesia tahun 2015 lalu lewat karya animasinya Battle of Surabaya dan karya selanjutnya yang segera akan dirilis yaitu Ajisaka. Dalam materinya, beliau memberikan alamat alamat dan cara mendapatkan uang melalui internet.

Sungguh seminar pada hari itu membuka mata saya, lewat kegemaran kita pada media sosial saja kita bisa menghasilkan jutaan uang asal kita tahu apa tujuan dan manfaat penggunaan media sosial. Semoga halĀ  serupa dapat menjadi motivasi kita semua, akan menjanjikannya kewirausahaan pada era globalisasi ini.

Semoga juga, program kampus kewirausahaan juga cepat terealisasi Kampus STIE SBI Yogyakarta, agar tercipta wirausahawan muda unggul(dst)

stie-sbi