Sep
5

Alasan Mengapa Toko Online Tersendat

Berjualan di toko online memang saat ini tengah marak dan jadi primadona dalam berbisnis, namun bukan berarti omzet yang didapat akan stabil terus. Penurunan. bisa saja terjadi seperti halnya toko offline yang sedang sepi kondisi pembeli.

Selain karena persaingan pasar yang ketat, ternyata faktor dari diri penjual juga sangat menentukan apakah customer akan kembali lagi atau melakukan repeat order. Jika sudah seperti itu, Profesional SBI harus menelusuri penyebab mengapa hal tersebut dapat terjadi dan dapat segera memperbaikinya.

Nah dibawah ini adalah beberapa alasan mengapa bisnis online kita menjadi menurun maupun mengalami ketersendatan pemasukan maupun omzet.

1. Selalu perhatikan tampilan wajah web

Saat mengunjungi toko online hal pertama yang akan kita lihat pastinya tampilan atau antarmuka website. Web yang dipenuhi pop up I iklan-iklan yang tak jelas tentunya sangat menyebalkan dan tak jarang orangpun enggan untuk kembali ke situs tersebut.

Kemudahan navigasi yang rapi dan nyaman juga akan membuat orang betah berlama-lama browsing barang sesuai yang diinginkan di situs.

2. Informasi Produk Terlalu Berlebihan

Deskripsi atau gambaran dan informasi produk yang terlalu berlebihan dan terksesan tak wajar justru dapat berdampak negatif terhadap rasa ketertarikan konsumen. Walaupun pada dasarnya produk yang ditawarkan memang memiliki kualitas yang baik, alangkah bijaknya hindari kata-kata yang terkesan mengada-ada dan terkesan glamour. Tak menutup kemungkinan konsumen malah akan merasa curiga dan beropini kalau toko online kita adalah jualan fiktif.

3. Pelayanan Yang Buruk

Pelayanan sudah pasti menjadi tolok ukur kepuasan pelanggan dan dari situlah akan menentukan apakah bisnis kita akan sukses atau malah mengalami kegagalan. Saat pelanggan puas mereka takkan enggan untuk datang kembali dan memesan terus barang dagangan kita, namun jika pelanggan merasa kecewa yakinlah bahwa pelanggan sudah pasti enggan dating kembali. Testimoni kepuasan pelanggan juga dapat Anda jadikan referensi bagi calon pelanggan lain.

4. Minim testimonial dari pembeli sebelumnya

Testimoni kepuasan pelanggan juga dapat kita jadikan referensi bagi calon pelanggan lain karena testimoni dapat berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk di toko online. Biasanya testimoni dijadikan calon konsumen sebagai tolok ukur apakah toko online tersebut penipu atau bukan.

5. Pasang Harga Terlalu Tinggi

Alangkah baiknya jika kita akan mencantumkan label harga pada produk, lakukanlah langkah survey harga barang competitor, karena saat ini persaingan sangat terbuka di took online. Karena akses yang sangat mudah untuk pengecekan harga produk barang antar took online dapat dilakukan hanya dengan cara search dan klik.
Nah demikian tips agar took online kita tetap mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, karena karena persainganlah , jmlah pelanggan yang bertransaksi di took online kita semakin hari pasti akan berkurang.

Selalu ciptakan peluang dan kreatifitas dalam hal berjualan di toko online, toko milik kita sendiri.

stie-sbi